Selasa, 10 Mei 2011

Yang Tersisa Dari Kematian Park Yong Ha

ASIANplus Edisi 383 - In Memoriam

Dunia hiburan Korea di sana masih berkabung atas meninggalnya aktor sekaligus musisi Park Yong Ha. Setelah mengulas bagaimana Yong Ha meninggal dunia beserta penyebabnya di edisi lalu, kali ini kami hadirkan beberapa cerita yang mengiringi kepergian sang idola.

SO JI SUB BIAYAI PEMAKAMAN, RYU SI WON MENYESAL
So Ji Sub Artis Pertama Yang Datang Ke Rumah Duka


Ketika Park Yong Ha ditemukan tewas gantung diri di kamar apartemennya pada 30 Juni lalu, selain menghubungi polisi, keluarga Yong Ha juga menelpon sahabat baiknya, So Ji Sub. Maklum, Ji Sub adalah sahabat dekat Yong Ha.

Ketika jenazah Yong Ha selesai diotopsi di rumah sakit dan dibawa ke rumah duka, Ji Sub adalah artis pertama yang datang ke sana pada pagi hari. Dengan mengenakan setelan hitam, kedatangan Ji Sub langsung diabadikan oleh para wartawan yang sudah menunggu di sana.

Kilatan kamera tak henti-hentinya menyambar wajah Ji Sub yang tampak sedih dan muram. Saat masuk ke rumah duka dan menuju ruangan tempat jenazah Yong Ha dibaringkan, Ji Sub sempat tampak sesenggukan dan sering menyeka air matanya.


Sering Menangis Sendiri

Karena masih shock dan tidak percaya jika sahabatnya telah tiada, tak jarang Ji Sub tiba-tiba menangis sendiri di dalam ruangan. Matanya pun terlihat sembab. Di antara para artis yang datang ke rumah duka, Ji Sub mungkin satu-satunya orang yang paling terpukul dengan kepergian aktor serial Winter Sonata ini.

Sementara itu, manajemen Yong Ha ikut memberikan ucapan belasungkawa kepada keluarga Yong Ha. “Kami percaya bahwa Park Yong Ha akan selalu bersinar di sisi kami... Kami tidak akan bisa melihatnya lagi, tapi kami berjanji akan selalu berdiri dan mencintainya untuk selamanya,” kata Lee He Jung, perwakilan dari manajemen YONA Entertainment.

Yong Ha, Ji Sub, dan Song Seung Hun adalah sahabat dekat. Saking dekatnya, mereka sudah seperti saudara sendiri. Ji Sub bertemu dengan Yong Ha ketika sama-sama liburan dan sejak itu mereka berteman baik. Yong Ha mengajari Ji Sub banyak hal, mulai dari main game PC Star Craft, mengenalkannya dunia otomotif, hingga snowboarding.




Terus Tunggui Jenazah

Di rumah duka para artis berdatangan untuk turut mengucapkan bela sungkawa mereka kepada keluarga Yong Ha. Namun yang paling tampak sedih tetap Ji Sub. Ji Sub bahkan setia terus menunggui jenazah di sana bersama keluarga Yong Ha.

Ketika jenazah Yong Ha akan dipindahkan ke ruangan lain untuk dikremasi (membakar tubuh jenazah hingga jadi abu untuk dimakamkan, red), Ji Sub juga ikut membantu mengangkat jenazah sahabat baiknya itu dengan linangan air mata.

Meski kini keduanya sudah berada di dunia yang berbeda, Ji Sub masih menunjukkan kesetiaannya pada Yong Ha. Ji Sub ditemani Park Hyo Shin yang ikut menunggui jenazah Yong Ha saat dikremasi. Ketika abu Yong Ha disiapkan menuju ke pemakaman, Ji Sub ditunjuk keluarga membawa papan foto Yong Ha. Saat tangannya membawa foto kenangan sahabatnya, air mata Ji Sub kembali tumpah dan tidak berhenti menangis. Ketika duduk di kursi depan mobil yang membawa abu Yong Ha, Ji Sub hanya terdiam dan tertunduk.

Abu Yong Ha dimakamkan di Bundang Memorial Park yang berada di provinsi Gyeonggi, dan prosesi pemakaman dilakukan dengan tata cara agama Buddha. Lagu STAR yang ada di album terakhir Yong Ha sempat diputar saat upacara pemakaman berlangsung.

Di pemakaman, ayah dan ibu Yong Ha tampak masih shock. Sebelumnya mereka yang samasama memakai kursi roda hanya bisa menangisi peti jenazah putra mereka.


Tanggung Semua Biaya Pemakaman

Kesetiaan Ji Sub pada persahabatannya dengan Yong Ha tidak berhenti di sini. Selain menemani jasad sahabatnya hingga menjadi abu, Ji Sub juga menanggung semua biaya pemakaman Yong Ha. Beban berat yang saat ini ditanggung oleh keluarga Yong Ha membuat Ji Sub ingin membantu mereka.

Biaya pemakaman yang menghabiskan jumlah tidak sedikit itu semuanya ditanggung oleh Ji Sub. Dia juga sempat menghibur ayah dan ibu Yong Ha yang saat ini masih shock dan terus bersedih atas kematian putranya. “Mulai sekarang, saya juga menjadi putramu,” kata Ji Sub kepada Park Seung In, ayah Yong Ha. Seung In yang sudah renta itu hanya bisa terus menangis dan memeluk aktor serial Sorry I Love You itu.


Emosi Terkuras, Libur Sementara

Tindakan mulia yang dilakukan Ji Sub ini kontan langsung menuai pujian dari para netter dan fans. Mereka merasa tersentuh dengan perbuatan mulia Ji Sub untuk keluarga Yong Ha. Nama So Ji Sub pun dielu-elukan dan dipuji oleh netter di berbagai forum diskusi.

“Kami sebenarnya tidak ingin mempublikasikan hal ini. Jadi kami tidak tahu bagaimana berita ini bisa bocor ke publik,” kata manajer Ji Sub. “So Ji Sub sendiri tidak ingin membicarakan hal itu untuk sekarang, jadi kami harap media tidak terlalu membesar-besarkan berita, supaya Yong Ha bisa beristirahat dengan tenang di sana,” tambahnya.

Ketika ditanya apa kegiatan Ji Sub selanjutnya, sang manajer menjawab, “So Ji Sub mengambil libur untuk sementara waktu, dan akan segera kembali bekerja. Energi dan emosinya terkuras habis pasca pemakaman Yong Ha.”


Kim Ha Neul Tunda Jadwal Ke Jepang

Beberapa saat setelah menerima kabar kematian mendadak Yong Ha, aktris cantik Kim Ha Neul yang sedang berada di Jepang sejak beberapa akhir pekan lalu bergegas terbang kembali ke Korea Selatan. Setelah menggelar acara jumpa fans Kim Ha Neul’s Love Letter di Tokyo pada 26 Juni lalu, Ha Neul sebenarnya masih punya serangkaian jadwal kegiatan di Jepang. Namun berita kematian Yong Ha membuat Ha Neul ingin kembali ke Korea untuk ikut bela sungkawa. Ha Neul mengenal dekat Yong Ha karena mereka pernah beradu akting di serial On Air tahun 2008.

“Dia memutuskan membatalkan rencana sisa kegiatan di Jepang dan bergegas kembali ke Korea,” ucap perwakilan manajemen J.One Entertainment kepada media. “Dia sangat terkejut dan tidak dapat berkata apa-apa. Saya rasa dia masih sulit menerima kenyataan mengenai kematian Park Yong Ha, karena Yong Ha adalah orang yang selalu bersemangat dan ceria,” tambahnya.


Ryu Si Won Anggap Yong Ha Seperti Adik

Duka mendalam ikut dirasakan Ryu Si Won. Di pemakaman, Si Won kerap menitikkan air mata saat dia mengucapkan selamat tinggal pada Yong Ha yang sudah dianggapnya seperti adik sendiri. Si Won rencananya tinggal di Jepang hingga beberapa minggu lagi untuk konser dan kompetisi balap. Namun dia memutuskan menunda sementara kegiatan itu dan langsung terbang ke Korea untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Yong Ha. Setelah menghadiri pemakaman, malam harinya (2/7) Si Won baru kembali lagi ke Jepang.

Sehari setelah pemakaman Yong Ha (3/7), Si Won menghadiri 2010 CJ Hellonet Super Race Championship yang digelar di Oita Auto Police Racing Track. Si Won sempat diwawancara oleh wartawan. Air mata Si Won sekali lagi menetes ketika menceritakan kembali kenangannya bersama Yong Ha.


Sempat Ingin Nonton Balap Mobil

“Beberapa hari sebelum kematiannya, saya berbicara dengan Park Yong Ha dan sudah janjian jika kami akan bertemu tanggal 4 Juli. Dia ingin datang ke Fukuoka untuk menonton balap mobil ini denganku,” kata Si Won dengan mata menerawang. Perlahan, air mata aktor serial Style ini menetes dari pelupuk matanya.

“Yong Ha mengatakan dia akan menggelar konser di Kobe pada 3 Juli. Karena itu saya mengajaknya bertemu, tapi sekarang dia tidak bisa datang lagi. Dia sempat bertanya apakah saya akan baik-baik saja dengan balapan ini, dan saya mengatakan kepadanya jika balapan hanya berlangsung tiga jam sehingga tidak masalah bagiku. Saya masih bisa mengingat hari itu dengan jelas,” katanya. Si Won sama sekali tidak menduga jika itu akan menjadi pertemuan terakhir mereka.

Tahun 2003, Yong Ha bergabung dengan tim balap mobil para artis, RStars dan menjadi pembalap mobil. Namun tidak lama kemudian dia berhenti. “Yong Ha mengatakan saat itu bukan waktu yang tepat menjadi pembalap, tapi suatu hari nanti dia ingin menjadi pembalap lagi.

Dia bahkan mengatakan ingin bergabung dengan timku. Saya sudah menganggapnya seperti adik kandungku sendiri. Ketika saya membeli mobil, dia akan ikut membeli mobil dan kami tinggal di lingkungan yang sama,” kata Si Won seraya mengusap air matanya.


Menyesal Tidak Bisa Membantu

Kesedihan Ryu Si Won masih berlanjut ketika dia melanjutkan pagelaran konser Ryoo Siwon 2010 Live Tour Fun Fan di First Gymnasium Yoyogi National Stadium belum lama ini. “Setiap kali punya masalah atau kekhawatiran mengenai sesuatu, dia selalu membahasnya denganku seolah saya adalah kakaknya sendiri. Kami juga membicarakan banyak hal tentang apa yang tidak bisa dia putuskan sendiri,” cerita Si Won.

“Tapi dalam situasi sulit seperti ini kami tidak bisa bertemu karena jadwal kerja kami sama-sama padat. Saya menyesal tidak bisa membantunya sama sekali. Saya juga merasa sedih karena tidak bisa berbuat apa-apa\ untuknya atau berada di sisinya,” kata Si Won di atas panggung dengan menahan air matanya.

“Sepuluh menit sebelum konser ini dimulai, saya menerima e-mail dari Korea yang mengabarkan jika casketing Yong Ha sudah selesai. Saya masih tidak bisa mempercayai semua ini. Saya hanya manusia, dan cukup sulit untukku

menggelar konser dalam situasi seperti ini.

Konser ini sebenarnya penampilan tersulit untukku. Saya minta maaf kepada penonton karena tidak bisa membuat senyum palsu di depan kalian semua,” ucap Si Won terbata-bata menahan emosi.


Kim Hyung Joon Cuti Jadi DJ

Kim Hyung Joon juga tak kalah sedihnya dari yang lain. Ketika menghadiri pemakaman Yong Ha, personel SS501 ini terpaksa menunda siaran radio yang dipandunya setiap Kamis, SBS Kim Hyung Joon’s Music High. Di siaran yang mengudara setelah pemakaman berlangsung, Hyung Joon membuka acara dengan nada kesedihan. Dia rupanya masih belum bisa melupakan kepergian Yong Ha yang mendadak.

Dengan ucapan terbata-bata, Hyung Joon berusaha menyelesaikan kalimatnya. “Hari ini cukup sulit bagiku. Saya tiba-tiba harus merelakan seseorang yang sudah seperti saudaraku sendiri pergi. Saya tidak bisa mempercayainya,” kata Hyung Joon. “Dia sangat baik kepadaku, tapi saya tidak terlalu baik padanya. Saya minta maaf, dan kuharap semoga kalian semua tetap sehat,” tambahnya.

Setelah Hyung Joon selesai membuka acara, pendengar acara ini banyak yang mengirimkan SMS dan e-mail berisikan ucapan ikut berduka cita dan banyak yang menghibur Hyung Joon.


Manajemen Adakan Upacara Kematian di Jepang

Popularitas Park Yong Ha tidak hanya membius Korea saja, tapi juga di Jepang. Pertengahan Juli, upacara peringatan kematian Yong Ha akan dilakukan di negeri Sakura. Menurut YTREE MEDIA, peringatan kematian Yong Ha akan diadakan di Tokyo International Forum pada 18 Juli mulai pukul 10 malam hingga 8 pagi waktu setempat. Acara ini akan dihadiri oleh semua fans dan rekan-rekan Yong Ha di Jepang.

Sayangnya, keluarga Yong Ha tidak bisa mengikuti upcara peringatan tersebut. Sebelum meninggal dunia, Yong Ha rencananya akan menggelar konser bertajuk Park Yong Ha Concert Tour Stars 2010 pada 17-18 Juli. Namun semua itu hanya menjadi rencana yang tidak akan pernah terjadi karena sang bintang telah tiada.

Setelah meninggal, perusahaan manajemen yang didirikan Yong Ha, YONA Entertainment memutuskan mengadakan upacara peringatan kematian sang bintang. Upacara ini digelar untuk fans Jepang yang tidak bisa datang ke pemakaman Yong Ha langsung di Korea Selatan. Dengan demikian, fans Jepang bisa memberikan penghormatan terakhir mereka dan mengucapkan selamat tinggal kepada idola mereka

4 komentar:

  1. mau nanya dong, knp teman main di winter sonata ga ada yg datang melawat ya.. Ada yg tau penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka semua hadir, dari bae young joon, choi jiwoo, ama pemeran cewe satu lagi.

      Hapus